324 PNS Pemkab Garut Terima Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya

Satyalencana Karya Satya PNS Pemkab Garut
Bupati Garut Rudy Gunawan, menyematkan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya 30 Tahun pada pelaksanaan Apel Gabungan yang dilaksanakan di Lapangan Setda Garut, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Garut, Senin (20/2/2023). ist/ruber.id

BERITA GARUT, society.ruber.id – Sebanyak 324 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menerima Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Tanda kehormatan ini, merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada PNS yang telah berbakti selama 10, 20 dan 30 tahun lebih. Secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan, dan pengabdian. Sehingga, dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Secara simbolis, Bupati Garut Rudy Gunawan melakukan penyematan tanda kehormatan ini kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Garut Nurdin Yana. Dan Inspektur Daerah Kabupaten Garut, Toni Tisna Somantri.

Nurdin Yana dan Toni Tisna, mendapatkan Penganugerahan Satyalencana Karya Satya 30 tahun.

Selain itu, Bupati Rudy juga melakukan penyematan tanda kehormatan kepada 4 orang lainnya yang mendapatkan Satyalencana Karya Satya 20 tahun dan 10 tahun.

Dalam sambutannya, Bupati Rudy, selaku kepala daerah mengucapkan selamat kepada seluruh PNS yang mendapatkan penghargaan Satyalencana Karya Satya.

Jadi Bahan Instropeksi PNS

Rudy menilai, jika negara begitu baik kepada PNS, entah itu PNS bekerja baik atau atau tidak, berintegritas atau tidak. Kalau sudah memenuhi ketentuan bekerja di atas 10 tahun, dan tidak ada yang berhubungan dengan pelanggaran disiplin. Maka, negara akan memberikan Satyalencana Karya Satya.

“Tentu, ini merupakan bagian yang harus dijadikan introspeksi bagi seluruh aparatur sipil negara. Begitu mudahnya negara memberikan penghormatan kepada kita.”

“Tetapi kembali lagi kepada batin kita, apakah kita berhak? Apakah kita pantas mendapatkan kehormatan dari negara berupa satya lencana. Dengan satu bintang kehormatan yang disematkan di dada, dan itu adalah hak individual sebagai pribadi pegawai negeri sipil,” ujar Bupati Rudy. Dalam sambutannya ketika memimpin Apel Gabungan, di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin, 20 Febuari 2023.

Maka dari itu, Rudy berharap, dengan diberikannya tanda kehormatan ini, kinerja PNS di lingkungan Pemkab Garut akan meningkat, lebih profesional.

Kemudian juga, bisa mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Saya berharap, dengan adanya pemberian penghargaan dari Bapak Presiden, maka kinerja Pemerintah Kabupaten Garut akan meningkat.”

“Dan saudara lebih profesional, lebih bisa mengabdikan diri kepada masyarakat. Karena, batin yang tidak bisa dibohongi itu akan berkata, pantaskah saya menerima penghargaan ini?” harap Rudy.

Meski begitu, Rudy tetap mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para PNS yang mendapatkan Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya.

“Tapi, meski demikian, kita berikan applause dan tepuk tangan kepada para penerima penghargaan ini,” kata Rudy.