Wabup Helmi Laksanakan Ground Breaking Pembangunan Citimall Garut

Pembangunan Citimall Garut
Pelaksanaan Peletakkan Batu Pertama atau Ground Breaking Pembangunan Citimall Garut yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Karangpawitan, Garut, Jumat (10/3/2023). ist/ruber.id

BERITA GARUT, society.ruber.id – Wakil Bupati (Wabup) Garut dr. Helmi Budiman menghadiri, sekaligus melaksanakan peletakkan batu pertama atau ground breaking pembangunan Citimall Garut. Yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jumat, 10 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Wabup Helmi menyampaikan, pelaksanaan ground breaking pembangunan Citimall Garut ini, merupakan investasi yang sangat diharapkan oleh pemerintah maupun masyarakat Kabupaten Garut.

Apalagi, kata Helmi, Pemkab Garut mempunyai target untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya masuk ke Kabupaten Garut.

Karena menilai, jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di wilayah Pringan Timur, investasi di Kabupaten Garut masih kurang.

“(Kabupaten) Tasik atau Kota Tasik itu, tentu investasinya sangat banyak masuk ke sana. Saya juga suka heran gitu, kenapa kok ke Garut yang investasinya sedikit, tidak banyak atau kecil-kecil.”

“Sebutlah misalkan kayak kita beli, kayak bengkel-bengkel yang alatnya sangat canggih lengkap, kalau gak ke Bandung ya Tasik,” ujar Helmi.

Oleh karena itu, Helmi menyambut baik pembangunan Citimall Garut ini. Di mana, digadang-gadang akan menjadi mal terbesar di Kabupaten Garut.

Lokasi Strategis, Bisa Jadi Penggerak Ekonomi Masyarakat Sekitar

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Citimall Garut juga perwakilan dari PT Nirvana Wastu Pratama (NWP) Property, Teges Prita Soraya menuturkan, Citimall Garut memiliki lokasi yang cukup strategis.

Selain itu, kata Teges, Citimall ini akan menjadi bagian dari pemerataan ekonomi.

“Alhamdulillah, Citimall Garut ini lokasinya cukup strategis, dan Insya Allah, bisa menjadi bagian dari pemerataan ekonomi.”

“Supaya tidak berada di hanya satu tempat, karena biasanya kalau sudah kami mulai membangun mall, sekelilingnya banyak jadi indekos.”

“Kemudian, harganya juga biasanya tanahnya naik, dan nanti banyak jadi ruko. Jadi sepertinya, biasanya kami membawa ekonomi yang lumayan signifikan untuk daerah sekitar,” tutur Teges.

Teges menjelaskan, luasan gedung Citimall Garut ini kurang lebih 23.000 meter persegi dan digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di Kabupaten Garut.

Di mana, 17.000 meter persegi di antaranya merupakan luasan lahan yang nantinya akan disewakan.

“Akan ada bioskop pastinya, akan ada Departemen Store Matahari. Kemudian untuk mainan anak-anak, sudah pastinya banyak.”

“Kami memang tidak mau membuat outdoor, karena saya rasa kalau tempat outdoor di Garut sudah cukup banyak.”

“Tetapi, ruangan ber-AC yang nyaman, yang tidak kehujanan agak kurang, dan mall ini akan bisa menjadi banyak sekali tempat untuk berkumpul,” jelas Teges.

Teges mengatakan, jika biasanya mall yang dibangun oleh pihaknya disediakan tempat untuk berkumpul. Sehingga, biasa disebut dengan mall komunitas.

“Jadi, kalau dari Pak Wakil Bupati atau dari Polres atau Dandim ingin mengadakan acara, nanti kalau sudah mulai jadi silakan dipakai mall-nya.”

“Biasanya, untuk penyuluhan adalah tempat yang paling tepat. Karena, sudah tidak perlu menyewa gedung lagi,” kata Teges.

Teges berharap, gedung ini bisa selesai di akhir tahun 2023, dan nantinya, tenant-tenant yang ada di Citimall Garut bisa merekrut masyarakat Kabupaten Garut untuk bekerja di Citimall Garut.

“Normalnya, di tempat-tempat lain 90% adalah masyarakat sekitar sudah pastinya.”

“Jadi, itu juga menjadi kebanggaan karena mereka akan belajar nanti kalau retail mereka akan belajar untuk menjadi anak retail yang lebih modern.”

“Dan kalau perusahaan-perusahaan ini punya tokonya banyak, biasanya jenjang karirnya juga baik.”

“Sehingga, mereka juga nanti bisa dipindahkan di tempat lain pada saat mereka nanti baik,” kata Teges.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *